Thursday, 9 August 2012

Langkah-Langkah Pengamanan PC Anda Ketika Online

0 comments


1. Pasang Firewall
Dari sekian firewall yang gua coba, gua paling seneng ama Zonealarm. Settingannya ga rumit and ada freeware versionnya. Freeware versionnya sudah cukup aman untuk pc loe.

2. Block incoming NetBIOS
Musuh dalam selimut bisa jadi tetangga atau teman yang dalam satu apartemen (LAN). Kalau ini di block, sharing antar LAN tidak berfungsi, sehingga loe invisible di LAN. Ini sangat penting untuk mengamankan data-data loe yang loe share dengan security terendah, alias semua orang yang berada di LAN bisa meng-copy bahkan menghapus data-data loe. Bayangin aja kalau loe tinggal bersama 100 orang di sebuah gedung yang semuanya bisa liat isi sharing folder loe =p
Cara block incoming netbios di zonealarm cukup mudah, naekkan level firewall dari "trusted" ke "internet".
Note: zonealarm versi 4.5 keatas tidak dianjurkan untuk para pengguna bittorrent.

3. Aktifkan port forwarding seperlunya saja
Port Forwading sering digunakan oleh para user yang mempunyai koneksi internet flatrate yang menggunakan router.

Pada dasarnya router memblock semua port diatas 1024 secara default. Sehingga bila loe ingin menggunakan applikasi yang membutuhkan suatu port tertentu agar bisa jalan. Mengaktifkan port forwarding memberitahu router untuk langsung menuju komputer loe sehingga musti diblock dengan firewall kalo ga dibutuhkan.

4. Windows update
Windows update sangatlah penting untuk menutup lubang-lubang di windows anda. Aktifkan automatis download and install windows-update nya di control panel.

5. Pasang antivirus
Online tanpa menggunakan antivirus ibaratnya seperti orang yang melakukan hubungan intim dengan pasangan tak sah tanpa memakai k*nd*m. Tentu saja, dipasang saja ga ada gunanya. Virus definiton nya musti sesering mungkin di update.

6. Gunakan Firefox
Browser pun juga memegang peranan penting dalam hal online. Gunakan browser firefox atau browser lain yang support pop-up blocker dan tidak memiliki fasilitas active-x untuk mengunjungi site2 yang biasa loe kunjungi. Gunakan Intenet Explorer HANYA untuk site yang memakai Active-X and site itu sudah loe kenal akan keamanannya.

7. Pasang Netcraft untuk menghindari phising
Pengertian Phishing sering digunakan dalam hal Online Banking, dimana user mendapat email palsu yang berisikan pemberitahuan agar user memasukkan nomor account atau PIN yang baru karena suatu alasan tertentu atau user diharapkan untuk mengunjungi site tertentu untuk mengisi ulang nomer account atau PIN. Site yang dikunjungi biasanya identis dengan site aslinya, jadi anda tidak akan sadar bahwa site itu palsu.

Rata-rata semua bank di dunia yang menyediakan system online banking tidak akan mengkontak anda lewat email, melainkan lewat surat post. Jadi bila anda mendapat email seperti support@citibank.com atau sejenisnya, jangan percaya akan kebenarannya. Hubungi pihak bank anda bila anda ragu-ragu.

Netcraft menyediakan Anti-Phishing Toolbar nya secara gratis.
Toolbar ini tersedia untuk 2 browser yang paling sering dipakai internet user, yaitu Internet Explorer dan Firefox.

Toolbar ini menunjukkan indicator tingkat resiko sebuah site apakah benar-benar aman untuk dikunjungi atau tidak (asli/palsu). Feature lain dari toolbar ini adalah site ranking. Anda bisa mengetahui site yang anda kunjungi berada pada posisi keberapa di tingkat dunia internet.

Netcraft --> http://toolbar.netcraft.com/

8. Gunakan Adware Removal
Gunakan Adware Removal untuk men-scan komputer loe akan trojan and spyware yang bermukim di komputer loe.

9. Download software selalu dari official site
Biasakan mendownload software dari official site, jangan dari mirror yang ada di internet, karena bisa saja software tersebut terdapat trojan.

10. Jangan buka email yang tak dikenal
Email yang tak dikenal ini biasa disebut spam. Biasanya rata-rata berisi link dari beberapa site yang bila di-klick, nantinya akan terinstall sesuatu ke dalam komputer, bisa virus, trojan atau spyware.

11. Lakukan transaksi dengan https
Selalu check browser loe apa https atau icon gembok ada di browser loe untuk transaksi online. Hampir semua banking selalu menggunakan https, bila tidak, loe patut curiga akan kebenaran sitenya itu.

12. Hidupkan Bluetooth seperlunya saja
Yang namanya maling bisa masuk lewat mana saja. Gunakan Bluetooth hanya dalam men-transfer data dari ponsel ke komputer atau voice chat. Selebihnya matiin saja.

13. Jangan connect ke Wi-Fi tanpa menggunakan key
Wi-Fi yang tanpa menggunakan key, alias siapa saja bisa connect, biasanya menjadi sasaran pada orang iseng untuk membuka data-data di laptop/pc loe. Kalau NetBIOS di block, masih ok, walaupun resiko masih ada.

English French Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic German Chinese Simplified
Share on :

Artikel Terkait:

Leave a Reply